• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Sunday 22 May 2011

Donat

01:20 // by hevay // // No comments

Donat

Makanan dengan bolong tengahnya pasti semua orang pada tahu lah, ya...Donat!.
Camilan yang satu ini kesukaan anakku, tiap ada tukang jualan donat dia pasti langsung minta beli. Terlintas dibenakku, dari pada beli saya coba buat sendiri aja karena khawatir juga kalau donat yang di jual berisi banyak zat-zat kimia yang tidak kita ketahui dan mungkin berbahaya bagi kesehatan anak kita. Mulailah cari referensi resep dan langsung di praktikkan di dapur.

Sebenarnya cara membuat donat itu tidaklah susah, dibawah ini adalah resep membuat donat sekitar 15 buah donat tapi ini juga tergantung ukuran donatnya. Kalau ukurannya dibentuk kecil-kecil bisa lebih banyak lagi.

Bahan

175 g terigu protein tinggi
75 g terigu protein sedang
7 g ragi instan
2 butir kuning telur
40 g margarin
50 g gula pasir atau 60 g gula jagung
100 ml air

Topping

Gula halus
Dark cooking chocolate, lelehkan
White cooking chocolate, lelehkan
Meses warna-warni
Kacang tanah cincang, sangrai hingga matang

Cara Membuat

  1. Campur semua bahan. Uleni hingga kalis. Taruh dalam wadah dan tutupi dengan serbet bersih. Diamkan 30 menit hingga adonan mengembang 2 kali.
  2. Tinju adonan hingga kempis. Bagi adonan sesuai kebutuhan. Bentuk sesuai selera. Susun di loyang. Diamkan 15 menit.
  3. Panaskan minyak goreng. Goreng donat dengan panas sedang hingga matang. Biarkan hingga dingin. Beri topping sebelum disajikan.

Penyelesaian:
  1. Taruh gula halus dalam plastik, lalu masukkan beberapa buah donat. Kocok hingga gula melapisi donat secara merata. Sajikan.
  2. Tim dark/white cooking chocolate. Celupkan salah satu sisi donat ke cokelat. Taburi dengan meses, kacang tanah sangrai, atau biarkan begitu saja, sesuai selera. Biarkan hingga cokelat membeku. sajikan

Tip:

Gunakan panas sedang untuk menggoreng donat. Minyak yang terlalu panas hanya akan mematangkan bagian luar donat, sedangkan bagian dalamnya masih mentah.

Resep diatas sudah kita praktekkan di dapur kami, dan anak-anak kami sangat menyukainya. Bagi anda yang berminat, selamat mencoba.

Referensi: Camilan Sehat Favorit Balita

0 comments:

Post a Comment