• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Saturday 2 July 2011

iTALC -Intelegent Teaching and Learning with Computer

08:04 // by hevay // // No comments


iTALC – “Intelligent Teaching And Learning with Computers“ adalah aplikasi berlisensi GNU General Public Licence. Dikonsep dan didevelop oleh Tobias Doerffel.


Italc adalah suatu aplikasi yang berguna dan powerfull sebagai media/alat belajar mengajar bagi guru. Dengan iTALC kita apat melihat dan mengontrol komputer lain didalam jaringan dengan beberapa cara. Aplikasi ini bisa berjalan di platform windows maupun linux/ubuntu dan dapat juga digunakan secara transparan di lingkungan yang berbeda (mixing antara sistem operasi windows dan linux).

Perbedaan yang kontras dengan aplikasi komersil lain yang sejenis adalah italc merupakan software yang free. ITALC ini bahkan mungkin bisa dikatakan bahwa ini satu-satunya aplikasi monitoring yang didistribusikan secara bebas. Anda bisa mendownloadnya di situs iTALC.

Kalau kita perhatikan saat ini lab. komputer bukan lagi hal yang baru di sekolah-sekolah menengah. Hampir semua sekolah sudah memiliki Lab. Komputer meskipun dengan segala keterbatasannya. Untuk melengkapi sebuah Lab. Komputer tentu saja diperlukan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengajar dan memantau aktivitas siswa selama pembelajaran.



Fitur-fitur iTALC
iTALC software ini free tapi fitur-fitur yang ditawarkan cukup lengkap. Fitur yang ditawarkan oleh iTALC adalah :
- Monitoring layar komputer siswa
- Mengendalikan komputer siswa secara remote
- Menampilkan demo layar guru ke layar siswa secara simultan
- Mengunci keyboard/mouse/layar komputer siswa
- Mengirim pesan ke siswa (text message)
- Remote power on/off dan reboot komputer siswa
- home-schooling, bahkan untuk meremote komputer dari sekolah-kerumah ataupun sebalik bisa dilakukan oleh italc ini dengan menggunakan koneksi vpn sehingga memungkinkan pembelajaran jarak jauh.

Sebagai aplikasi yang disediakan secara GRATIS, tentu saja iTALC dapat dipertimbangkan oleh pihak sekolah yang memiliki budget yang sangat terbatas. Aplikasi iTalc ini memiliki banyak kesamaan dengan NetOp School yang berbasis Windows. Namun NetOp School (versi 6) adalah aplikasi berbayar sedangkan iTalc adalah free

Dengan menggunakan iTalc pada laboratorium komputer, kita dapat melihat masing-masing monitor siswa dan juga dapat mengendalikannya. Selain itu kita tidak perlu sebuah LCD projector untuk mendemokan aplikasi pada siswa. Kita cukup membuka iTalc, kemudian pilih tombol Fullscreen Demo, maka layar monitor kita akan dapat dilihat pada setiap layar monitor siswa.
Dengan demikian, masing-masing siswa dapat mengikuti demonstrasi atau tutorial yang diberikan oleh guru dengan jelas baik itu yang di depan kelas maupun yang diujung kelas.

Download italc masuk aja ke situsnya http://italc.sourceforge.net/

0 comments:

Post a Comment